Jasa Inspeksi Kilang: Berikut Pengertian dan Jenis-jenisnya

Ilustrasi jasa inspeksi kilang

Jasa inspeksi kilang, tahukah anda apa itu inspeksi, dan jenis-jenis dari inspeksi itu sendiri? Menurut kamus besar bahasa Indonesia, inspeksi ialah pemeriksaan dengan saksama, dll. Biasanya inspeksi dilaksanakan untuk menemukan kekurangan sehingga bisa sesegera mungkin melakukan perbaikan serta menetralisir adanya bahaya. 

Pengertian Inspeksi/Inspection

Yaitu suatu bentuk pemeriksaan secara saksama, langsung dan juga mendalam yang melibatkan tes atau pengukuran yang dilakukan berdasar karakteristik tertentu yang memiliki hubungan dengan objek inspeksi. Inspeksi bisa dikatakan sebagai elemen yang berperan penting dalam memastikan kualitas produk agar sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku. 

Dalam hal keamanan, inspeksi dilaksanakan untuk mencegah atau meminimalisir bahaya dengan begitu dapat menentukan tindakan perbaikan atau penyelesaian yang sekiranya diperlukan agar bisa mengendalikan bahaya tersebut.

Jenis-jenis Inspeksi

Adapun jenis-jenis inspeksi yang perlu anda ketahui, mau tahu apa saja? simak ulasannya di bawah ini!

  1. Floor Inspection

Jenis inspeksi yang dilaksanakan dalam proses pengendalian produksi. Ketika sedang floor inspection,  pihak inspector akan melakukan pemeriksaan material dan produk setengah jadi pada produksi yang telah dilakukan baik yang menggunakan tenaga manusia maupun mesin. 

Setelah itu, inspector akan melakukan pemeriksaan mesin atau pekerja. Metode pemeriksaan ini dipercaya mampu mendeteksi masalah lebih awal khususnya sebelum produk diproduksi dalam jumlah yang besar atau banyak.

  1. Centralized Inspection

Biasanya dilaksanakan pada lokasi atau area tertentu dan lebih berpusat pada tempat yang telah ditentukan. Nantinya seluruh mesin, peralatan dan produk yang akan diuji ditempatkan di lokasi khusus atau tempat dilakukannya pengujian. 

  1. Combined Inspection

Jasa inspeksi kilang, sesuai dengan namanya, combined inspection ini adalah gabungan atau kombinasi dari centralized inspection dan floor inspection.

  1. First Piece Inspection

Jenis inspeksi ini dilakukan pada unit pertama suatu produk yang mana unit pertama berbentuk pergantian lot produk, pergantian alat kerja dan juga parameter mesin produksi.

  1. Pilot Piece Inspection

Biasanya inspeksi ini dilaksanakan pada produk baru hingga pada model produk yang lebih baru.

  1. Functional Inspection

Inspeksi yang berfokus pada fungsi atau fungsional produk, misalnya pemeriksaan suatu kendaraan maka fungsi inspeksional yang diuji meliputi karakter kecepatan kendaraan apakah sesuai dengan standar dan ketentuan tanpa harus mengetahui semua komponen dari pembuatan kendaraan tersebut. Dapat diambil kesimpulan bahwa inspeksi jenis ini dapat dilakukan setelah produk jadi.

  1. Final Inspection

Jenis inspeksi yang dilaksanakan pada produk jadi yang mana final inspection akan melakukan pemeriksaan suatu karakteristik produk secara menyeluruh mulai dari fungsi dan juga tampilannya. Inspeksi ini biasanya dilaksanakan sebelum produk dikirim ke konsumen.

Itu tadi uraian singkat mengenai inspeksi yang diharapkan dapat menambah pengetahuan anda terutama tentang jasa inspeksi kilang.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *