Kelebihan dan Kekurangan Over Kredit Rumah, Ketahui dulu Sebelum Melakukannya

rumah dihalaman yang luas

Over kredit rumah sekarang ini merupakan salah satu alternatif yang bisa dilakukan orang yang ingin memiliki rumah baru.

Namun selain kelebihan, proses ini tentu juga memiliki kekurangan. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah lewat proses ini, mari ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Over Kredit Rumah

  • Berkesempatan Mendapatkan Rumah dengan Harga Lebih Murah

Karena sebagian besar biaya sudah dibayarkan oleh kreditur lama, Anda berkesempatan mendapatkan rumah dengan harga yang lebih murah. Keuntungan lain yang akan Anda dapatkan adalah Anda berpotensi mendapatkan bunga lebih rendah dikarenakan pembeli over kredit rumah akan dihitung sebagai kredit baru.

  • Anda Dapat Langsung Melakukan Proses Balik Nama

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari proses over kredit rumah adalah Anda bisa langsung melakukan proses balik nama sertifikat rumah. Sebagai informasi, sertifikat masih akan menjadi jaminan bagi bank sampai proses kredit Anda selesai.

  • Angsuran Menjadi Atas Nama Anda Sendiri

Untuk melindungi transaksi Anda bersama bank, transaksi Anda akan dicatat sebagai transaksi milik Anda sendiri.

  • Anda Tidak Perlu Mencari Referensi Rumah Lain

Karena rumah yang ada dalam proses over kredit rumah ini biasanya adalah rumah siap huni, Anda tidak perlu mencari referensi rumah lain untuk ditinggali.

Kelemahan  Over Kredit Rumah

  • Resiko Masalah yang Muncul

Resiko masalah yang mungkin muncul menghampiri kreditur baru adalah jika kreditur  lama memiliki masalah dalam proses cicilan sebelumnya. Hal ini berpotensi akan dibebankan juga ke kreditur baru sehingga sebaiknya Anda memastikan riwayat kredit dari pemilik sebelumnya jika ingin mencoba proses over kredit rumah.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *