Pelajari Lebih Lanjut Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

mata uang dollar

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan adalah lembaga yang berdiri secara independen yang terbebas dari adanya campur tangan pihak atau lembaga lainnya. Lembaga satu ini mempunyai tugas, fungsi, dan wewenang dalam melaksanakan pengaturan, pemeriksaan, pengawasan dan melakukan penyidikan jika diperlukan. Berdirinya OJK menggantikan tugas dan peran dari lembaga Bapepam LK dalam mengadakan pengaturan serta pengawasan di sektor keuangan serta pasar modal yang ada di Indonesia. Hal tersebut juga menggantikan peran dari Bank Indonesia di dalam pengawasan dan pengaturan bank dan memberikan perlindungan bagi konsumen dari jasa keuangan. OJK mempunyai peran otoritas jasa keuangan yang penting.

Apa saja tugas dan fungsi dari OJK?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika OJK mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam melakukan proses pengaturan dan pengawasan di semua kegiatan jasa keuangan yang ada di bidang pasar modal, perbankkan serta industri keuangan non bank. Itulah hal utama dalam peran otoritas jasa keuangan.

Pahami nilai strategis di lembaga OJK

OJK juga mempunyai beberapa nilai strategis di dalam melaksanakan wewenang, tugas dan tanggung jawab. Ada beberapa nilai strategis yang bisa anda ambil, seperti:

Integritas

Artinya selalu bertindak objektif, adil dan selalu konsisten berdasarkan kode etik dan adanya kebijakan dari organisasi tersebut serta selalu menjunjung komitmen serta kejujuran.

Sinergi

Terciptanya kolaborasi dari pihak yang memegang kepentingan yang berasal dari dalam dan luar untuk menciptakan kegiatan yang produktif. 

Profesionalisme

Merupakan bekerja dengan rasa tanggung jawab berdasarkan kompetensi tinggi dalam mencapai performa yang terbaik.

Inklusif

Sikap terbuka dan mau menerima keberagaman dari pemegang kepentingan dan memperluas peluang dan akses untuk masyarakat terkait industri keuangan.

Visioner

Artinya selalu mempunyai wawasan luas dan selalu melihat ke arah depan dan bisa berpikir di luar lingkup kebiasaan.

OJK juga mempunyai misi dalam mewujudkan terbentuknya semua kegiatan yang ada di jasa keuangan secara adil, teratur dan transparan. Semoga informasi terkait peran otoritas jasa keuangan, fungsi dan tujuannya bisa memberikan pemahaman terkait OJK. Masih banyak wewenang OJK yang bisa anda pelajari. 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *