Apa itu Cake Hampers

Kue

Pada saat jelang hari raya seperti ketika natal dan tahun baru juga saat jelang lebaran atau pada saat hari raya tahun baru cina atau saat ada kerabat saudara dan relasi yang berulang tahun atau saat lulus wisuda dan peristiwa penting lainnya maka banyak yang mulai sibuk mempersiapkan cake hampers.

Apa itu Cake Hampers

Cake Hampers adalah hantaran makanan dalam bentuk kue cake atau tart tapi bisa juga dalam bentuk kue kering dan aneka kue lainnya dalam aneka rasa, bentuk dan warna, atau disebut juga sebagai parcel makanan yang dihiasi dengan pita dan ornamen hiasan lain yang cantik, disertai kartu ucapan. Tradisi hantaran makanan ini sebenarnya telah membudaya sejak lama di Indonesia namun isinya biasanya ialah nasi berikut dengan lauk pauknya jadi santap saji dan siap makan.

Hantaran makanan ini semula menjadi bekal para petani dan nelayan ketika berangkat bekerja di sawah atau ketika sedang melaut, lalu mulai menyebar menjadi budaya kenduri dan selamatan ketika hantaran makanan mulai diberikan kepada para tetangga dan kerabat sanak saudara serta sahabat dan relasi pada saat ini. Isinya selain nasi dan lauk pauknya juga ada berupa kue tradisional seperti apem dan kolak yang dikirimkan pada saat hari istimewa tertentu, dan disebut sebagai tradisi ngapem atau ngolak. Sedangkan untuk hantaran berupa cake atau kue tart diperkirakan mulai masuk ke Indonesia di masa penjajahan, dengan masuknya budaya eropa.

Di tempat asalnya budaya cake hampers ini berasal dari zaman William the Conqueror, tradisi hampers lahir di Perancis dan lalu mulai diperkenalkan ke Inggris, pada bangsa penjelajah dunia ini, di sekitar abad ke 11 kemudian menyebar ke negara-negara jajahan Inggris dan belahan bumi lainnya. Kini tradisi cake hammpers ini telah menjadi bisnis besar bernilai tinggi. Menjadi ajang para pastry chef unjuk kemampuan membuat aneka kreasi cake dalam berbagai tema sesuai hari perayaannya. Bakery dan pastry memiliki koleksi cake hampers nya masing-masing yang khas, sebagai produk andalannya.

Isi Cake Hampers

Pada awal mulanya isi paket cake hampers ialah berupa aneka kue tart, cake basah, yakni seperti vanilla cake yang klasik, atau coklat cake yang legendaris, dan lemon cake, banana cake, lalu carrot cake juga fruit cake yang meriah, opera cake, black forest yang banyak diminati dan populer sepanjang waktu, almond cake, spinge cake, kenari cake, lalu berkembang sesuai trend ada moca cake, kue lapis, cinamon cake, tiramisu cake, cake green tea, bahkan pada saat bulan ramadhan jelang lebaran ada juga kurma cake yang ditawarkan aneka toko kue sebagai cake hampers.

Namun kini isi hamppers tak hanya cake basah, ada juga yang menawarkan isi berupa aneka kue kering dan coklat yang lebih awet dan tahan lama serta bisa dikirim hingga ke luar kota dengan bentuk yang lebih ringkas namun tetap dihiasi dengan cantik sebagai bingkisan bertema. Ada trend juga kini untuk mengisi cake hampers dengan aneka kue muffin dan cup cake. Selain itu bisa juga diisi dengan aneka puding untuk alternatif variasi cake hampers.

Jadi pada dasarnya isi cake hampers ialah aneka hidangan dan cemilan manis.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *