Pemetaan Persil Tanah: Apa Itu Persil Dan Tujuannya

pemetaan persil tanah

Tak jarang badan pemerintahan khusus dalam bidang pertanahan akan melakukan proses pemetaan persil tanah. Dimana hal ini juga memberikan banyak sekali manfaat lho. Salah satunya adanya hasil luas dan perbedaan tinggi tanah. Selain itu proses pemetaan ini tak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada tahapan yang perlu dilakukan.

Apa itu pemetaan persil

Pemetaan persil merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh data. Dimana data tersebut bisa dalam bentuk bangunan atau tanah. Banungan ini bisa mulai dari sekolah, yayasan, rumah, kantor, perusahaan dan lain sebagainya.

Dan untuk pemetaan persil tanah adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan data tentang beberapa hal yang berhubungan dengan tanah. Contohnya adalah pemetaan persil sebuah tanah yang digunakan untuk mengetahui perbedaan tinggi tanah.

Lalu bisa juga pemetaan persil terhadap tanah digunakan untuk mengukur seberapa luas ukuran tanah tersebut. Badan instansi milik Negara khusus bidang pertanahan juga kerap melakukan kegiatan pemetaan persil terhadap sebuah tanah.

Tahapan pemetaan persil tanah

Proses pemetaan persil tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Diperlukan tenaga ahli dan beberapa proses sebelum mendapatkan hasil data yang diinginkan. Bahkan proses yang dilakukan juga terbilang cukup banyak lho.

Lantas apa saja tahapan yang diperlukan untuk proses pemetaan persil ? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

  1. Persiapan data dokumen rencana pemetaan persil.
  2. Persiapan peralatan survei dukungan.
  3. Persiapan peralatan survey, aksesoris, pengecatan terhadap kalibrasi dan kolimasi manual.
  4. Mobilisasi.
  5. Persiapan lapangan, baik basecamp maupun material yang digunakan.
  6. Proses pemasangan titik kontrol.
  7. Persiapan dan juga pengamatan terhadap GpsGeodetik.
  8. Perhitungan jaring Geodetik.
  9. Pemetaan terhadap kontur, fitur-fitur seperti saluran, jalan maupun tiang listrik.
  10. Demobilisasi.
  11. Laporan tahap akhir dan juga drawing.

Dengan beberapa tahapan tersebut, proses pemetaan persil tanah akan berlangsung lebih mudah. Selain itu hasil yang didapatkan juga terbilang cukup konkrit. Dan seperti yang dijelaskan jika hasil yang didapatkan dari proses pemetaan persil ini bisa dimanfaatkan untuk beberapa aspek seperti pajak dan perhitungan luas tanah. 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *