Apa yang Anda Ketahui Tentang Kredit Modal Kerja?

orang yang sedang berjabat tangan

Bingung cari modal untuk usaha bisnis? Jika iya, maka Anda perlu berkenalan dengan KMK atau Kredit Modal Kerja. KMK merupakan bagian dari kredit usaha yang dikeluarkan pemerintah untuk membantu masyarakat dalam hal permodalan bisnis. Anda tidak perlu khawatir, karena dapat membangun sebuah bisnis tanpa pusing memikirkan sumber modal yang bisa digunakan. 

Apa yang Dimaksud dengan KMK?

Banyak calon pengusaha yang mengubur mimpinya mengembangkan suatu usaha karena keterbatasan modal. Hal ini sering kali menjadi kendala utama, pengusaha kesulitan dalam mengatur operasional bisnisnya. Pemerintah menyadari kondisi tersebut, kemudian tercetuslah KMK. 

KMK tergolong fasilitas kredit diberikan kepada para pelaku usaha kecil sampai menengah atas, baik untuk UMKM maupun perusahaan korporat. Kredit tersebut diberikan atas dasar pembiayaan modal usaha atau modal kerja. Anda juga bisa memanfaatkan modal KMK untuk membayar utang dagang serta untuk memenuhi persediaan operasional. Modal yang diperoleh dari KMK biasanya dalam bentuk valuta asing atau uang rupiah. Apa perbedaan dari KMK serta modal yang digunakan pada umumnya?

Ada satu hal yang membedakan Kredit Modal Kerja dengan modal usaha pada umumnya, yaitu dalam segi jangka waktu yang diberikan. KMK bisa diterima dalam 1 siklus usaha dalam jangka waktu maksimal sampai 1 tahun. Pada jangka waktu yang sudah ditentukan, nilai pencairan kredit maksimal mencapai 70% dari semua total kebutuhan modal. Pembayaran KMK bisa Anda cicil sesuai dengan tenor atau kurun waktu yang sudah ditentukan. 

Jika Anda ingin melakukan penarikan atau pelunasan kredit, maka wajib untuk menggunakan rekening koran. Namun prinsipnya memang tidak semua usaha bisa meminjam dana melalui KMK. Pengusaha yang ingin mendaftar KMK perlu memiliki perizinan bisnis lebih dulu. Pastikan bisnis sudah berjalan setidaknya satu tahun. KMK tergolong bagian dari kredit usaha karena mampu memberi penyediaan dana untuk mendukung tujuan usaha. 

Manfaat Menggunakan KMK

Kredit Modal Kerja tidak hanya diberikan untuk membantu mengembangkan keberlangsungan suatu bisnis, tapi juga ada beberapa manfaat lain sebagai berikut. 

  • Membantu melancarkan operasional perusahaan, baik dalam hal memperoleh barang yang dibutuhkan, segi produksi dan lain-lain. 
  • Memberikan perlindungan kepada perusahaan dari adanya krisis modal kerja
  • Dana yang dibutuhkan hanya cukup untuk melayani konsumen
  • Membantu perkembangan usaha semakin cepat.
  • Membayar segala kebutuhan kewajiban perusahaan sesuai waktu.

Melalui berbagai manfaat diatas, KMK banyak sekali diminati oleh pelaku bisnis. Baik yang berasal dari perusahaan korporat sampai dengan UMKM. Tapi ingat, penuhi tanggung jawab dengan baik untuk mencegah terkena sanksi. Saat terkena sanksi, seseorang bisa sulit sekali untuk mendapatkan pinjaman modal kembali. Selain itu, KMK juga memberikan syarat pengajuan berupa jaminan agar Anda bisa berusaha memenuhi segala kesepakatan yang sudah disepakati sebelumnya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *