Jangan Ambil Remeh! Inilah Kesalahan Sepele Yang Menyebabkan Kerusakan Genset Surabaya

generator listrik

Seperti halnya mesin atau alat elektronik lainnya genset atau generator set juga bisa mengalami kerusakan. Genset yang mengalami kerusakan tentu akan mengalami penurunan fungsi sehingga tidak maksimal dalam memberikan tegangan listrik. Lalu apa saja kesalahan-kesalahan yang tidak boleh diabaikan pada genset Surabaya? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini: 

  1. Genset Jarang Dipanasi Ketika Digunakan 

Kerusakan genset dapat disebabkan oleh mesin yang jarang dipanasi sebelum digunakan. Dikarenakan seringkali diandalkan sebagai sumber energi alternatif, kecenderungan umumnya adalah orang menjadi kurang cermat dalam melaksanakan proses pemanasan pada genset. 

Padahal, nyatanya, tahapan pemanasan ini memiliki peran yang sangat krusial dalam memelihara kualitas aki. Penting untuk memastikan bahwa aki genset tetap mendapatkan aliran dari alternator secara berkala. 

Sebaiknya, lakukan proses pemanasan pada genset setidaknya sekali dalam seminggu agar dapat mencegah terjadinya kerusakan yang dapat mempengaruhi kinerja genset secara keseluruhan.

  1. Penggunaan Genset Berlebihan Dan Lama 

Penting untuk tidak menganggap remeh aspek waktu penggunaan yang tepat pada genset. Sebelum memutuskan untuk membeli genset, disarankan untuk melakukan penelitian terlebih dahulu mengenai batasan waktu operasional yang disarankan oleh produsen

Upayakan agar penggunaan genset tidak melampaui batas waktu yang telah ditetapkan. Hal ini sangatlah vital, karena penggunaan genset secara berlebihan dapat mengakibatkan percepatan kerusakan pada berbagai komponen yang ada di dalamnya. 

Oleh karena itu, memahami dan mematuhi batas waktu operasional genset dapat menjadi langkah preventif yang sangat efektif untuk memperpanjang umur dan memelihara kinerja optimal genset genset Surabaya yang anda miliki.

  1. Terlalu Memaksa Genset Ketika Bahan Bakar Habis 

Anda pasti pernah melakukan hal ini, memaksakan mesin bekerja di detik-detik bahan bakar habis bukan? yap, hal ini tidak bagus dan bisa membuat genset cepat rusak dalam jangka waktu pendek. 

Bahan bakar yang habis saat mesin genset dioperasikan akan membuat komponen mesin cepat aus dan perlu diganti. Sehingga, langkah yang bisa ditempuh yaitu menyiapkan bahan bakar cadangan untuk genset. Hentikan pemakaian dan isi ulang bahan bakar secukupnya. 

  1. Membiarkan Kotoran Genset Bersarang 

Perawatan yang kurang dan penyimpanan yang salah akan mengakibatkan kotoran bersarang pada mesin. Membiarkannya terus ada di dalam mesin tentu akan mengganggu kerja mesin sehingga tidak maksimal dalam menghasilkan listrik. 

Bisa jadi saat digunakan genset tiba-tiba mati, inilah penyebabnya! lubang ventilasi bahan bakar atau katup pompa bahan bakar tersumbat. Untuk menghindari hal tersebut, anda harus rajin membersihkannya agar tidak tersumbat. 

  1. Penempatan Genset Di Tempat Yang Lembab 

Penempatan genset di tempat yang salah juga dapat memicu genset cepat rusak dan mengalami penurunan fungsi. Tentu, terlebih jika anda letakkan di tempat yang lembab dan dekat dengan air. Tumbuhan basah seperti lumut dan jamur akan ikut bersarang di dalamnya. Untuk itu, perhatikan tempat penyimpanan genset, pastikan tempat itu kering. 

Demikian pembahasan mengenai kesalahan yang harus dihindari agar genset Surabaya tidak cepat rusak dan aus. Perhatikan hal-hal tersebut agar tidak memicu masalah dan genset tetap mampu menghasilkan listrik dengan baik.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *