Wajib Tahu, Inilah Perbedaan Dokter Gigi Anak Tangerang dan Dokter Gigi Umum!

Ilustrasi dokter gigi anak tangerang

Meskipun sama – sama bergerak dalam bidang kesehatan gigi dan mulut, namun nyatanya ada perbedaan yang cukup signifikan antara dokter gigi anak Tangerang dan dokter gigi umum. Bagi Anda di rumah yang mungkin juga penasaran mengenai perbedaan di antara kedua dokter gigi tersebut, maka bisa menyimak ulasannya di artikel berikut ini.

Apa saja perbedaan antara dokter gigi anak dan dokter gigi umum?

Tahukah Anda, bahwa dalam dunia medis umumnya terdapat beberapa jenis dokter gigi spesialis, baik itu dokter gigi anak (pedodontis / pediatric dentist) dan dokter gigi umum. Dari beberapa jenis dokter gigi spesialis tersebut, ternyata memiliki beberapa perbedaan yang mungkin masih banyak orang belum tahu. Adapun beberapa perbedaan dari dokter gigi anak dan dokter gigi umum, yakni bisa Anda lihat pada penjelasan di bawah ini. 

  1. Lamanya menempuh pendidikan

Perbedaan pertama yang bisa Anda lihat dari dokter gigi anak dan dokter gigi umum, yakni terdapat pada lamanya mereka menempuh pendidikan. Meskipun keduanya sama – sama menempuh pendidikan di fakultas kedokteran gigi selama 4 semester, dan dilanjutkan kerja praktik di rumah sakit khusus gigi & mulut selama 1,5 – 3 tahun, namun keduanya tetap memiliki perbedaan. Dimana, khusus untuk dokter gigi anak biasanya harus melanjutkan pendidikan ke jenjang spesialis gigi anak kurang lebih selama 5 semester. 

  1. Gelar yang didapatkan

Selanjutnya, Anda juga bisa melihat perbedaan lain dari dokter gigi anak Tangerang dan dokter gigi umum dari gelar yang didapatkannya. Untuk dokter gigi anak biasanya akan mendapatkan gelar Sp. KGA (spesialis kedokteran gigi anak) yang terletak di belakang nama. Sedangkan untuk dokter gigi umum, biasanya akan mendapatkan gelar drg, yang mana terletak di bagian nama depannya.  

  1. Pasien yang diperiksa

Anda juga bisa membedakan antara dokter gigi anak dan dokter gigi umum, dari segi pasien yang biasanya diperiksa oleh dokter spesialis gigi tersebut. Diketahui, untuk dokter gigi umum biasanya dapat memeriksa pasien dari segala usia. Akan tetapi hal ini jauh berbeda dengan dokter gigi anak, dimana dokter spesialis ini hanya dapat memeriksa kondisi gigi bayi, anak – anak, remaja dan juga anak – anak berkebutuhan khusus saja. 

  1. Tambahan kompetensi yang didapatkan

Adapun perbedaan lain dari dokter gigi anak dan dokter gigi umum, yakni bisa Anda perhatikan dari tambahan kompetensi yang didapatkan. Yang mana untuk dokter gigi anak, biasanya mendapatkan tambahan kompetensi berupa pendalaman ilmu seputar manajemen tingkah laku anak, psikologis anak, tumbuh kembang anak dan masalah yang terjadi pada anak. Tentu saja, hal tersebut dilakukan agar mereka bisa lebih bisa melakukan pendekatan kepada pasien anak – anak nantinya.

Jadi, itulah tadi pembahasan menarik untuk Anda mengenai beberapa perbedaan antara dokter gigi anak Tangerang dan dokter gigi umum, yang mungkin selama ini tidak banyak orang ketahui.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *