Keunggulan Besi UNP

ilustrasi besi

Besi yang dijual di pasaran memiliki banyak variasi bobot berat maupun juga ukuran dan bentuknya. Dalam dunia konstruksi dikenal besi kanal, sebagai penopang bangunan. Salah satunya ialah besi UNP atau kanal U, karena memiliki irisan penampang mirip huruf U, yang berbeda dengan kanal C atau besi CNP yang irisan penampangnya mirip huruf C dan lebih sering digunakan di industri otomotif. Jual Besi UNP menguntungkan karena memiliki beberapa keunggulan dan banyak yang membutuhkannya dengan kegunaan yang cukup luas di bidang konstruksi. Berikut antara lain beberapa keunggulannya tersebut.

Kanal U atau Besi UNP

Besi UNP yakni besi baja yang berbentuk lengkung mirip seperti huruf U ini adalah salah satu bahan material yang sangat penting dalam dunia konstruksi. Dijual dalam bentuk batangan dengan berat bobot dan ukuran yang beragam, dengan ukuran panjang batang sekitar 6 m atau 12 m.

Keunggulan Besi UNP

Keunggulan yang dimiliki besi UNP atau kanal U dalam proses konstruksi antara lain ialah sebagai berikut.

Mudah dipasang

Besi UNP dengan bentuk khasnya yang unik yang mirip lengkung huruf U itu banyak digunakan sebagai sambungan sebab materialnya yang mudah dipasang dan saling menopang. Bentuknya efisien dan efektif serta aplikatif. Instalasi cepat dan tidak butuh waktu lama. Penyambungannya bisa dilakukan dengan cara dilas.

Hemat Waktu

Bentuknya yang memudahkan proses instalasi atau pemasangannya tersebut bisa menghemat waktu pengerjaan suatu proses pembangunan. 

Kuat dan Awet dengan Daya Daktilitas yang Tinggi

Daktilitas ialah tingkat kemampuan untuk menahan tegangan tarik atau kemampuan dalam menghadapi simpangan pasca elastik pada daya yang besar secara berulang kali. Besi UNP mempunyai daya daktilitas yang tinggi sebab tidak mudah memuai juga kuat menopang beban yang berat.

Anti Karat

Meski terbuat dari material besi tapi kanal U ini kualitasnya bagus jadi anti karat dan tidak mudah mengalami korosi. Hal ini karena bahan material besi UNP itu tahan asam basa.

Anti Rayap

Besi UNP ini juga anti rayap, beda dengan kayu.

Tahan Panas

Besi UNP juga kuat dan tahan panas, tidak akan mudah memuai ataupun meleleh dan berubah bentuk pada suhu tinggi.

Struktur lebih Kuat

Dengan kekuatan besi baja kanal U atau besi UNP ini maka struktur bangunan yang ditopangnya menjadi kuat dan tahan gempa.

Pemeliharaan Mudah dan Murah

Perawatannya mudah, tak perlu sering diganti karena awet dan juga murah biaya pemeliharaannya.

Hemat Biaya

Selain cara pemasangannya yang mudah, karena ringan juga bobotnya,  maka besi UNP ini juga lebih awet jika dibandingkan dengan jenis baja ringan yang  lainnya. Tak perlu harus mengeluarkan anggaran lebih juga untuk mengganti besi UNP secara berkala. Hemat bahan dan biaya instalasi juga karena besi UNP tidak memerlukan papan-papan untuk tiang betonnya, jadi hemat biaya. Lagipula ketika tidak terpakai, maka komponen strukturnya tetap memiliki nilai fungsi dan memiliki nilai harga jual besi UNP yang tinggi.

Fleksibel

Kegunaannya cukup luas dan fleksibel karena besi UNP ini mudah dibentuk, disesuaikan dengan kebutuhannya.

Lebih ramah lingkungan

Disebabkan karena kualitas besi UNP yang tidak mudah rusak dan berkarat, maka besi UNP atau kanal U  ini bisa digunakan secara berulang kali. Besi UNP mudah dicopot dan lalu digunakan untuk keperluan yang lainnya, dengan fungsi yang baru. Sehingga wasting materialnya rendah, bisa di daur ulang dan ramah lingkungan. 

Beli besi UNP dalam ukuran sesuai kebutuhan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *