Cek Kesuburan Pria Melalui Tes Genetik dan Jenis Tesnya

Illustrasi Kesuburan Pria

Kesuburan pada pria termasuk hal yang dipengaruhi oleh faktor genetik. Karena itu cek kesuburan pria melalui tes genetik bisa dilakukan. Untuk mengetahui tingkat kesuburan dari pria dan kualitas spermanya.

Namun, walaupun bisa dilakukan untuk mengecek tingkat kesuburan pria. Tes ini hanya bisa dilakukan jika ada kondisi tertentu pada pihak pria.

Kondisi yang Mengharuskan Pria Menjalani Tes Genetik

Seperti yang dituliskan sebelumnya, jika tes genetik ini perlu dilakukan jika ada kondisi tertentu pada pihak pria. Terutama pada kondisi sel spermanya, kondisi yang dimaksud adalah :

  •       Kondisi fisik dari alat reproduksi laki-laki. Biasanya kondisi ini memang dipengaruhi oleh faktor genetik. Kondisi fisik yang dimaksud seperti ukuran testis yang kecil atau tanda ketidaknormalan lainnya.
  •       Jumlah produk sel sperma. Jumlah sel sperma yang bisa dihasilkan oleh laki-laki juga dipengaruhi oleh sel genetik. Mungkin saja, sel sperma ditemukan sangat sedikit bahkan mungkin tidak ada sama sekali pada air mani.

Itulah kondisi yang mengharuskan pria menjalani tes kesuburan pria melalui tes genetik. Jika kondisi-kondisi di atas tidak muncul. Lebih baik, untuk menjalani jenis tes lain yang lebih efektif.

Mengenal Tes Genetik dan Jenis-Jenisnya

Tes genetik seperti namanya merupakan tes yang dilakukan untuk melihat DNA dari si calon pasien. Ada banyak faktor yang dipertimbangkan dalam melakukan tes genetik ini. Khususnya untuk cek kesuburan pria, tes ini dibagi dalam beberapa jenis. Berikut adalah jenis dari tes genetik.

  1. Cystic Fribrosis

Tes genetik pertama adalah tes untuk mendeteksi cystic fibrosis. Sebenarnya ini adalah jenis penyakit yang menyerang paru-paru dan saluran pernafasan. Namun, penyakit ini sangat besar pengaruhnya pada fertilitas pria.  Bahkan, bisa menjadi penyebab dari infertilitas pada pria.

  1. Mikrodelesi Kromosom Y

Cara cek kesuburan pria satu ini akan mendeteksi tingkat kromosom Y pada informasi genetik. Kromosom Y sendiri sangat dibutuhkan dalam proses memproduksi sel sperma.

  1. Tes Karyotype

Tes ini dilakukan untuk memeriksa baik jumlah dan tipe kromosom yang ada dalam tubuh. Tes ini juga dapat memberitahu pria apabila ada kromosom yang kurang maupun lebih dalam tubuhnya.

Itulah ulasan mengenai cek kesuburan pria dengan tes genetik berikut dengan jenisnya. Calon pasien bisa memilih jenis tes yang sesuai dengan kebutuhannya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *