Solusi Ecommerce Marketing: Tujuan dari Pemasaran Ecommerce

Ilustrasi multichannel

Sebelum internet lebih berkembang dan segala hal dilakukan secara online seperti sekarang, e-commerce yang merupakan kegiatan jual beli melalui media elektronik dilakukan lewat tv dan telepon. Namun, saat ini internet sudah merajalela sehingga e-commerce lebih banyak dilakukan secara online dan lebih mudah dilakukan. Walaupun begitu, solusi ecommerce marketing tidaklah mudah.

Tujuan Ecommerce Marketing

Dengan semakin berkembangnya dunia internet yang sudah serba digital ini, tentu saja ecommerce marketing memiliki tujuannya tersendiri. Beberapa hal yang menjadi tujuan dari adanya ecommerce marketing adalah:

Menekan Biaya Promosi

Promosi yang biasanya dilakukan secara langsung atau lewat offline akan membutuhkan biaya promosi yang banyak sehingga butuh pengeluaran yang besar. Dengan melakukan pemasaran ecommerce yang sudah pasti secara online, maka biaya promosi dapat lebih ditekan dan tentunya menjadi lebih hemat karena tidak butuh cetak brosur, pamflet, spanduk, dan lain-lain.

Kegiatan Promosi Lebih Menarik

Tujuan dari ecommerce marketing yang dapat menjadi solusi ecommerce marketing adalah kegiatan promosi yang dapat dibuat menjadi lebih menarik. Karena pemasaran ecommerce dilakukan secara online, desain yang dibuat pun bisa menjadi lebih menarik sesuai dengan kreativitas designernya, selain itu bentuk promosi tidak hanya berupa gambar saja namun juga bisa berupa video, baik video biasa ataupun animasi.

Terpantaunya Respon Konsumen

Tujuan selanjutnya yang juga bisa dijadikan sebagai strategi marketing e-commerce adalah respon konsumen bisa dipantau dengan baik pada media sosial, website, ataupun lewat aplikasi. Jadi, setiap upload konten promosi atau melakukan kegiatan promosi, perusahaan dapat melihat langsung dari konsumen untuk mengetahui efektif atau tidaknya.

Pembelian yang Mudah

Melakukan pemasaran e commerce dapat mempermudah transaksi pada barang yang dipesan. Artinya, pembeli dapat lebih mudah mendapatkan barang yang diinginkan atau dibutuhkan tanpa harus mendatangi toko offline terlebih dahulu, dan hanya dengan mengandalkan ponsel untuk melakukan e-commerce.

Itulah empat tujuan dari marketing ecommerce yang juga bisa diolah menjadi solusi ecommerce marketing agar bisnis ecommerce yang dijalankan terlaksana dengan baik.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *