Mengetahui Perbedaan Atap Metal Spandek dan Atap Metal Pasir

atap metal pasir

Saat ini banyak masyarakat yang beralih dari atap tanah liat ke atap baja. Hal ini dikarenakan genteng baja atau atap metal lebih ringan serta perawatan yang lebih mudah. Jenis atap metal juga terbagi beberapa jenis, antara lain atap metal spandek dan atap metal pasir. Yuk, ketahui perbedaannya.

Perbedaan Bobot

Metal pasir berbeda dari genteng metal pada umumnya karena memiliki lapisan pasir yang bertujuan untuk menurunkan suhu panas pada rumah. Sedangkan metal spandek tidak memiliki lapisan pasir. Karenanya jika dibandingkan dari segi bobot, berat atap metal pasir lebih dari pada metal spandek. Namun, perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan.

Ketahanan Terhadap Karat

Kedua jenis atap ini terbuat dari bahan logam ringan yang dilapisi oleh lapisan anti karat. Perubahan cuaca dapat menyebabkan terjadinya oksidasi, sehingga lapisan anti karat tersebut baik pada atap metal spandek maupun metal pasir dapat meminimalisir dan melindungi atap dari oksidasi logam. Untuk lebih pasti, sebelum membeli genteng perhatikan kode branding apakah atap tersebut anti karat atau tidak.

Kemampuan Meredam Suara

Dari kemampuan mengurangi kebisingan, atap metal pasir lebih baik dibandingkan dengan metal spandek. Hal ini dikarenakan lapisan pasir berfungsi untuk menahan bunyi bising baik dari angin maupun hujan, sedangkan metal spandek tidak memiliki lapisan tersebut. Jika ingin meminimalisir suara pada metal spandek, anda bisa menambahkan insulasi atap ataupun plafon.

Ketahanan Warna Genteng

Jika dilihat dari ketahanan warna, atap metal spandek lebih tahan lama hal ini dikarenakan cat warna atap metal pasir hanya pada lapisan luar saja, sehingga dapat terkikis cuaca. Sedangkan metal spandek memiliki garansi ketahanan warna selama 5 tahun. Kedua jenis atap ini memiliki varian warna yang beragam sehingga mudah untuk disesuaikan dengan nuansa dan konsep bangunan.

Ketahanan Panas dan Api

Metal spandek mampu menahan panas namun tidak sebaik metal pasir. Lapisan pasir tersebut selain dapat meredam bunyi, berfungsi untuk menahan panas dan api. Jenis genteng ini didesain agar sesuai dengan tipe iklim di Indonesia. Sebenarnya baik metal spandek maupun atap metal pasir memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, untuk penggunaannya tinggal dicocokan dengan kondisi lokasi pembangunan dan kebutuhan masing-masing.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *