Kenali Berbagai Jenis Baja Besi Plat Agar Tidak Salah Memilih

siluet gambar orang memanjat besi

Baja plat strip merupakan sejenis material yang akan diaplikasikan untuk berbagai keperluan dalam konstruksi sipil, pembuatan produk dan arsitektural. Plat strip ini begitu mudah di jumpai pada toko-toko material yang ada di kota Anda. Bagi Anda yang masih awam dengan plat strip ini pastinya tidak akan mudah untuk menyadari bahwa kita sering menjumpainya. 

Jenis – Jenis Besi Plat yang Sering Diaplikasikan

Ada beberapa jenis baja plat yang sering diaplikasikan pada bidang konstruksi dan juga fabrikasi. Pada masing-masing jenis tersebut pastinya akan hadir dengan kualitas dan kualifikasi yang beragam. Selain itu bisa menyesuaikan dengan harga baja plat yang diinginkan dan kebutuhannya. Berikut ini adalah jenisnya :

1. Baja Plat Kapal

Jenis ini memang banyak digunakan dalam pembuatan maupun instalasi pada kapal dan juga material konstruksi beserta fabrikasi. Bukan hanya itu, plat ini juga sering dipakai dalam pembuatan sebuah tangki dan masih banyak lagi lainnya. Jika kita bandingkan dengan berbagai produk maupun bahan dasar yang lainnya, jenis plat ini memang lebih tahan dengan korosi. 

Plat ini memiliki ciri khas sendiri yaitu berupa panjang dan lebarnya jauh lebih relatif, ketika dilihat dari segi ukuran baja strip yang satu ini juga bermacam-macam. Panjang yang dimiliki berkisar di antara 6000 mm dan terdiri dari dua ukuran lebar yang sangat berbeda yaitu 1800 dan juga 1500 mm. 

  1. Baja Plat Hitam 

Baja plat ini memiliki ukuran per lembar yaitu 122 cm x 124 cm atau setara 4 x 8 feet dan dengan ketebalan plat di antara 1,2 mm – 200 mm. Pada jenis ini masuk ke dalam jenis yang umum dalam struktur baja profil. Ketika akan mengaplikasikan material yang satu ini biasanya akan sering dipakai penguat atau dijadikan sebagai salah satu dudukan di material profil. Besi plat hitam juga sering dimanfaatkan pada bahan baku untuk membuat tangki dan berbagai produk material yang lainnya. 

  1. Strip Plat

Baja plat strip memiliki ukuran yang kecil dengan ketebalan 2 mm – 60 mm, material yang berbentuk kotak dan juga gepeng ini termasuk ke dalam golongan baja karbon rendah. Biasanya mempunyai lebar kurang lebih 600 mm, panjang 2 – 6 meter dengan toleransi 0,2 mm – 0,33 mm. Plat jenis ini umum dipakai dalam pembuatan pintu pagar, jendela, teralis pintu dan untuk konstruksi pengamanan lainnya.

  1. Baja Plat Kembang

Jenis baja plat strip ini setara dengan plat border karena memiliki permukaan yang cukup bertekstur. Plat ini sering disebut juga dengan plat berlian atau lantai, dengan standar ukuran plat 1,2 meter x 2,4 meter dan memiliki ketebalan yang cukup bervariasi. Biasanya dipakai untuk elemen lantai di bangunan, anak tangga, bus, mobil, kereta, damkar dll.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *